Rabu, 26 Desember 2012

Harga Kayu Jabon Cenderung Meningkat Setiap Tahunnya

Mengapa memilih Komoditi Kayu Jabon?

Kayu Jabon merupakan peluang usaha dan investasi menjanjikan, jabon adalah tanaman bahan pokok industri yang sangat berkualitas bahkan jika dibandingkan dengan pohon albaziah atau sengon. Kayu jabon merupakan bahan baku dasar yang sering digunakan pada industri-industri kayu olahan, seperti: plywood, blockboard, particle board, hingga peti kemas.
Kayu jabon jika ibandingkan dengan jenis-jenis kayu yang lain merupakan jenis kayu yang pertumbuhannya paling cepat, berbatang silinders dan lurus, kayunya berwarna putih kekuningan tanpa terlihat serat, yang sangat baik digunakan untuk bahan baku kayu lapis maupun kayu gergajian.

Pohon Jabon  Antocephalus Cadamba Merupakan salah satu jenis kayu yang pertumbuhannya sangat cepat dan dapat tumbuh subur di hutan tropis dengan ekologi tumbuh pada :Ketinggihan 10-2000m dpl, Curah hujan 1250-3000m/th, Perkiraan suhu 100 C 400 C, Kondisi tanah dengan PH 4,5 7,5.
Pohon Jabon Anthocephalus cadamba Merupakan satu diantara jenis kayu yang pertumbuhannya sangat cepat dan dapat tumbuh subur di hutan tropis dengan ketinggian 0 1000 m dpl.
Saat ini Jabon menjadi andalan industri perkayuan, karena Kayu Jabon memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan tanaman kayu lainnya termasuk sengon/albazia. Dari hasil uji coba yang telah dilakukan, keunggulan tanaman jabon dapat diuraikan dari beberapa sisi, diantaranya adalah:
1. Diameter batang dapat tumbuh berkisar 10 cm/th
2. Masa produksi kayu jabon yang singkat hanya 4 5 tahun
3. Berbatang silinder dengan tingkat kelurusan yang sangat bagus$0D
4. Tidak memerlukan pemangkasan karena pada masa pertumbuhan cabang akan rontok sendiri self pluring.

Bentuk Kayu Jabon

Kayu jabon Anthocephalus cadamba lebih bagus daripada kayu lainnya, tekstur lebih halus, bentuknya silinder lurus, berwarna putih kekuningan dan tidak berserat, batang mudah dikupas, lebih mudah dikeringkan atapun direkatkan dan tidak cacat, Arah serat terpadu, permukaan kayu mengkilap, kayu jabon juga sudah terbukti keawetannya atau daya tahannya.

Batang Kayu Jabon

Ciri dan karakteristik batang kayu jabon adalah : Permukaan kayu licin serta arah tegak lurus, berwarna putih kekuningan mirip meranti kuning, batang mudah dikupas, dikeringkan, direkatkan, bebas dari cacat mata kayu dan susutnya rendah.

Prediksi Harga Kayu Jabon


Harga ini diprediksi akan mengalami kenaikan seiring dengan tingkat kebutuhan / permintaan yang tinggi, sedangkan penyediaan kayu yang semakin terbatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar